LAPORAN AUDIT TI

 LAPORAN AUDIT TI

 Manfaat dan Kegunaaan Audit IT

A. Manfaat pada saat Implementasi (Pre-Implementation Review)

- Institusi dapat mengetahui apakah sistem yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan ataupun memenuhi acceptance criteria.

- Mengetahui apakah pemakai telah siap menggunakan sistem tersebut.

- Mengetahui apakah outcome sesuai dengan harapan manajemen.

 

B. Manfaat setelah sistem live (Post-Implementation Review)

- Institusi mendapat masukan atas risiko-risiko yang masih yang masih ada dan saran  untuk penanganannya.

- Masukan-masukan tersebut dimasukkan dalam agenda penyempurnaan sistem, perencanaan strategis, dan anggaran pada periode berikutnya.

- Bahan untuk perencanaan strategis dan rencana anggaran di masa mendatang.

- Memberikan reasonable assurance bahwa sistem informasi telah sesuai dengan kebijakan  atau prosedur yang telah ditetapkan.

- Membantu memastikan bahwa jejak pemeriksaan (audit trail) telah diaktifkan dan dapat  digunakan oleh manajemen, auditor maupun pihak lain yang berwewenang melakukan pemeriksaan.


Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan dalam Melaksanakan Audit TI

Dalam melaksanakan audit faktor-faktor berikut harus diperhatikan:

- Dibutuhkan informasi yang dapat diukur dan sejumlah kriteria (standar) yang dapat digunakan sebagai panduan untuk mengevaluasi informasi tersebut,

- Penetapan entitas ekonomi dan periode waktu yang diaudit harus jelas untuk menentukan lingkup tanggungjawab auditor,

- Bahan bukti harus diperoleh dalam jumlah dan kualitas yang cukup untuk memenuhi tujuan audit,

- Kemampuan auditor memahami kriteria yang digunakan serta sikap independen dalam mengumpulkan bahan bukti yang diperlukan untuk mendukung kesimpulan yang akan diambilnya

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT TABEL DAFTAR GAJI MENGGUNAKAN DOSBOX

Mengenal Sistem Pakar Dendral